Cara Membuat Oralit Untuk Mengatasi Diare

cara membuat oralit
Cara membuat oralit perlu diketahui oleh siapapun, terutama orang tua yang peduli akan kesehatan anaknya. Seperti diketahui bahwa oralit digunakan untuk mencegah dehidrasi, yang umumnya akibat diare. Diare sangat mudah menyerang pada bayi, balita, dan manula. Namun juga tidak menutup kemungkinan menyerang orang dewasa jika kekebalan tubuhnya rendah dan tidak bisa menjaga kebersihan dari tempat dan makanan. Ciri-ciri diare adalah berak lebih dari 3 kali dalam sehari yang disertai tinja yang lembek atau encer. Jika anak-anak terserang penyakit ini maka biasanya menjadi gampang cengeng, lemas, gampang haus, dan kadang-kadang disertai panas.

Anda tidak harus membuat larutan oralit jika Anda mengetahui penyebab diare itu sendiri.Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu kita perlu mengetahui penyebab dan pencegahan dari diare itu sendiri.

Hal-hal yang menyebabkan diare

Hal-hal untuk mencegah diare

Cara membuat larutan oralit kemasan

  1. Siapkan segelas air (200 ml) yang telah dimasak
  2. Masukkan oralit kemasan ke dalam gelas yang berisi air
  3. Aduk perlahan sampai larut

Cara membuat larutan oralit sendiri

Jika Anda tidak punya oralit kemasan, jangan khawatir karena Anda juga bisa membuat laruta oralit sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah
Cara membuatnya adalah dengan melarutkan bahan-bahan di atas yaitu 1 sendok teh gula dan seperempat sendok teh garam ke dalam 1 gelas air putih. Kemduian aduk perlahan hingga semuanya larut lalu bisa diminum.

Takaran pemberian oralit

Untuk memberikan oralit, tentu ada takarannya sehingga tidak terlalu berlebihan yang malah akan membahayakan. Dan juga jangan terlalu sedikit sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal.
 Itulah tadi cara membuat oralit untuk menghindarkan dari dehidrasi akibat diare. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda jika ada yang membutuhkan melalui tombol share di bagian bawah dan saya ucapkan terima kasih.

Sumber : wikipedia

Labels: