Cara Menghindari Radiasi Handphone

Rasanya sekarang ini hampir semua orang punya handphone, berbeda dengan sekitar 10 tahun lalu dimana yang punya handphone adalah segelintir orang yang punya duit untuk membelinya. Handphone sendiri jika jika dipakai terlalu sering mempunyai ancaman bagi kesehatan kita karena pancaran radiasinya yang berbahaya bagi tubuh. Radiasi dari handphone dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan diantaranya adalah kanker, gangguan kognitif, dan gangguan tidur seperti dikutip dari wikipedia. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa cara untuk menghindari radiasi handphone atau smartphone yang kita miliki.

menghindari-radiasi-handphone

  1. Jangan menempelkan handphone langsung ke telinga, hal ini bermkasud untuk menjaga jarak handphone yang sedang dipakai langsung ke kepala kita. Gunakan lah handsfree atau semacamnya ketika melakukan telepon. Jika tidak mempunyai handsfree maka gunakan saja speaker phone ketika sedang telepon. Yang penting usahakan tetap menjaga jarak.
  2. Usahakan diam di tempat ketika telepon, jika kita mondar-mandir ketika telepon maka akan membuat handphone sering mengirimkan sinyal ke BTS terdekat dan sinyal ini tidak stabil sehingga paparan radiasinya semakin besar.
  3. Pastikan sinyal terisi penuh, sinyal lemah pada handphone dipercaya dapat memacu tingkat radiasi yang dikeluarkan menjadi lebih tinggi. Akan lebih baik mematikan handphone ketika sinyalnya sangat lemah.
  4. Matikan handphone ketika tidur,  jangan sekali-kali menaruh handphone di dekat kepala atau bahkan di bawah bantal ketika tidur dan lebih baik dimatikan saja.
  5. Jangan menaruh handphone di celana, lebih baik handphone diletakkan di dalam tas ketika sedang bepergian. Radiasi handphone yang dipancarkan juga berbahaya bagi kesehatan sperma bagi laki-laki.
Oke  itulah beberapa cara untuk menghindari radiasi dari handphone. Selalu jaga kesehatan Anda, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terima kasih.

Labels: ,