Penyebab Amandel dan Cara Mengobati Secara Alami

Cara mengobati amandel secara alami - dalam istilah kedokteran, amandel disebut dengan tonsil sedangkan untuk radang amandel disebut dengan tonsilitis. Nah, orang Indonesia sering menyebut radang amandel ini dengan kata amandel saja. Radang amandel (tonsilitis) adalah keadaan dimana terjadi pembengkakan atau peradangan kalenjar getah bening pada tenggorokan akibat dari serangan bakteri, virus, dan jamur. Amandel sendiri dalam tubuh berfungsi sebagai sistem kekebalan dalam tubuh yang menangkal bakteri dan virus yang masuk melalui rongga mulut dan hidung. Jika serangan ini bertubi-tubi dan terlalu besar maka amandel akan "kalah" sehingga bisa terjadi peradangan, bahkan jika terlalu parah amandel akan mengeluarkan nanah. Keadaan seperti ini disebut amandel akut (tonsilitis akut supuratif). Perbedaan amandel yang sehat dengan yang tidak terlihat pada gambar berikut :

cara mengobati amandel


Gejala radang amandel

Beberapa gejala ketika sedang terkena radang amandel adalah :

Penyebab Amandel

Penyebab paling umum adalah infeksi virus yang masuk melalui hidung dan mulut, seperti adhenovirus, rhenovirus, coronavirus, dan virus influenza. Penyebab paling umum yang kedua adalah infeksi bakteri yang dominan oleh Grup A β-hemolitik. Selain dari serangan virus dan bakteri, beberapa penyebab amandel antara lain :

Cara Mengobati Amandel

Alam telah memberikan sesuatu yang bisa gunakan ketika sedang sakit, tak terkecuali sakit amandel. Kita bisa memanfaatkan tanaman dan buah sebagai obatnya. Diantaranya adalah :

1. Jeruk nipis


Caranya adalah dengan mengambil air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air kapur sirih. Komposisinya adalah 2 buah jeruk nipis dan setengah sendok teh air kapur sirih. Minum ramuan ini 3 kali sehari hingga sembuh


2. Kapulaga

Kapulaga memang terkenal sebagai jamu tradisional yang kaya khasiatnya, salah satunya adalah amandel. Rebus 5 butir kapulaga ke dalam air hingga mendidih. Makan kapulaga tersebut sebagai obat amandel. Bila terlalu pahit bisa ditambahkan dengan madu.


Demikian tadi ulasan mengenai penyebab amandel dan cara mengobatinya. Semoga artikel tersebut bermanfaat. Untuk menjaga kesehatan mulut, tidak salahnya membaca artikel tentang cara mengobati gigi secara alami.


Labels: