Cara Cek NISN Secara Online

Cek NISN ini sangat berguna bagi teman-teman SD, SMP, dan SMA yang ingin mengetahui nomor induk siswa secara nasional, jadi tiap-tiap siswa yang saat ini terdaftar masih dalam usia sekolah dan sedang mengikuti pendidikan dalam jenjang sekolah maka dipastikan sudah mempunyai NISN. Namun jika teman-teman belum mempunyai NISN bisa jadi pihak sekolah belum mendaftarkan ke Kemendikbud. Nomor NISN ini bersifat unik, setiap siswa mempunyai nomor sendiri yang tidak mungkin akan sama dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia. NISN ini berguna sebagai pendataan siswa secara nasional dan akan dicantumkan dalam ijazah saat kelulusan. Jadi jika sekarang teman-teman sudah memasuki sekolah SMA/SMK bisa cek NISN di ijazah SD atau SMP yang dimiliki.


Namun jika ingin mengetahui NISN secara online juga bisa dilakukan di website kemendikbud yang akan saya jabarkan langkah-langkahnya nanti. Tampilan websitenya sangat sederhana tapi sangat berguna sekali untuk mengetahui NISN maupun mengetahui data siswa melalui NISN yang sudah dimiliki. Berikut adalah cara cek NISN secara online melalui internet, saran saya online menggunakan laptop atau komputer agar lebih mudah, jangan menggunakan smartphone.


  1. Buka halaman website berikut ini http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Pada tab bagian atas, ada 2 pilihan yaitu Pencarian Berdasarkan NISN dan Pencarian Berdasarkan Nama.
  3. Jika ingin mengetahui data diri berdasarkan NISN maka masukkan nomor pada kolom isian pada tab Pencarian Berdasarkan NISN. Lalu klik tombol cari.
  4. Jika ingin mengetahui nomor NISN, maka klik tab Pencarian Berdasarkan Nama. Isikan nama, tempat lahir, dan tanggal lahir. Lalu tekan cari. Jika data yang dimasukkan sudah yakin benar dan tidak muncul hasilnya, bisa jadi sekolah kamu belum mendaftarkan nomor NISN.
Mudah kan cara cek NISN melalui website kemendikbud secara online tersebut? Tampilan website dibuat sederhana mungkin agar mudah dipahami. Terima kasih ya telah mampir di http://caraterselubung.blogspot.com/

Labels: ,