Cara Mengetahui Akreditasi Perguruan Tinggi Secara Online

Bagi teman-teman SMA/SMK yang saat ini sedang bingung menentukan kemanakah akan meneruskan kuliah maka perlu untuk mengerti cara mengetahui akreditasi perguruan tinggi agar tidak salah pilih. Tentu saja kita ingin memilih jurusan dan perguruan tinggi yang terbaik untuk masa depan kita karena masa kuliah adalah masa dimana sebagai batu loncatan bagi kita untuk benar-benar mantab dan yakin mau jadi seperti apa kita nanti, mau kerja dimana, dan menginginkan karier seperti apa. Apakah mau menjadi dokter, insinyur, psikolog, dan lain sebagainya.

Akreditasi perguruan tinggi dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau biasa disingkat dengan BAN-PT. BAN-PT merupakan satu-satunya badan yang mempunyai wewenang untuk melakukan sistem akreditasi untuk perguruan tinggi, baik itu negeri, swasta, maupun kedinasan. Berikut ini adalah cara cek akreditasi perguruan tinggi secara online.

cara mengetahui akreditasi

  1. Buka halaman website berikut ini http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php
  2. Isi kopertis wilayah dengan memilih angka wilayah
  3. Pilih tingkat dengan jenjang perguruan tinggi yang kamu cari, bisa S1, DIII, dan sebagainya.
  4. Masukkan nama perguruan tinggi, masukkan dengan lengkap, misalkan UGM diisi dengan Universitas Gadjah Mada
  5. Masukkan nama program studi yang kamu inginkan
  6. Isi tahun kadaluarsa jika perlu, kalau tidak biarkan tampilkan semua
  7. Terakhir klik tombol Cari untuk mulai melakukan pencarian. 
  8. Jika ingin membatalkan dan mengosongkan semua kolom isian klik Reset.
Demikian artikel singkat tentang pendidikan, semoga berguna ya. Jika ingin mengetahui nomor NISN kamu bisa cek caranya di sini. Terima kasih udah mampir di blog cara terselubung.

Labels: